Atlet Tapak Suci UM Bandung Raih Prestasi di Ajang BLA Championship

Cirebonmu, Bandung — Atlet dari Pimpinan Cabang Tapak Suci Putera Muhammadiyah (PC TSPM) UM Bandung berhasil memborong prestasi membanggakan pada kejuaraan Bandung Lautan Api Championship (BLAC) batch 5 tahun 2023.

Kegiatan ini berlangsung di Gor Sport Hall Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) pada akhir Desember 2023 lalu. Perlombaan ini juga dihadiri ribuan peserta dari mulai dari TK atau pra usia dini hingga dewasa. BLAC sendiri mempertandingkan beberapa kategori, mulai dari kategori tanding, solo kreatif, hingga seni.

Medali emas 

Salah satu anggota PC TSPM UM Bandung saat dihubungi pada Senin (08/01/2024), Munalih Baharudi, kami berhasil meraih medali emas pada ajang ini. Medali emas ini ia dapatkan dari pertandingan pencak silat kelas tanding F kategori dewasa putra.

Munalih mengatakan bahwa ajang BLAC kali ini memiliki perbedaan dengan pertandingan sebelumnya. Ada penambahan aturan baru pada pertandingan oleh Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI).

”Perbedaannya itu ada pada aturan tanding, seperti jatuhan, bantingan, hingga tarikan yang akan berpengaruh pada poin penilaian peserta,” ucap Munalih.

Ia juga mengatakan bahwa pada kompetisi BLAC kali ini ada peserta yang berasal dari kalangan tentara, polisi, dan peserta dari Malaysia. ”Pertandingan kali ini membuat kita ekstra kerja keras, mulai dari menambah porsi latihan sampai belajar peraturan baru,” kata Munalih.

Medali perak

Tidak hanya Munalih, salah anggota PC TSPM UM Bandung lainnya yakni Elsa Nur Alia Rifa berhasil meraih medali perak pada kategori seni tunggal tangan kosong. Elsa mengaku dirinya dan anggota lain berlatih dua hingga tiga kali seminggu untuk mempersipakan kegiatan ini.

”Selain menambah latihan, kita juga mendapatkan pengarahan dari pelatih untuk pertandingan harus seperti apa dalam perlombaan. Alhamdulillah hasilnya positif,” ungkap Elsa.

Pada kategori seni tunggal, ia memerlukan penyesuaian antara gerakan dan waktu yang ditentukan. ”Latihan fisik sampai menghafal teknik gerakan perlu kita lakukan secara konsisten agar bisa fokus saat pertandingan nanti,” imbuh Elsa.

Venue latihan

Atas raihan membanggakan ini, Pembina PC TSPM UM Bandung Ahmad Rifai pun memberikan apresiasi karena para atlet sudah mengharumkan organisasi dan kampus. ”Prestasi kali ini bukan yang pertama, melainkan yang kesekian kalinya. Pencapaian ini berkat latihan serius dan tekun sehingga prestasi atlet PC TSPM UM Bandung terus bertambah,” tegas Rifai.

Lebih jauh, Rifai berharap ke depan UM Bandung bisa memiliki venue penca silat agar pembinaan kader atlet terus berkembang dan berkelanjutan. “Venue silat itu PR kita bersama agar UM Bandung menjadi pusat gerakan tapak suci Jawa Barat,” pungkas Rifai.

Berikut nama-nama atlet peraih medali dari PC TSPM UM Bandung. Untuk mendali emas diraih Munalih Baharudi (Akuntansi). Sementara itu, medali perak diraih Elsa Nur Alia Rifa (Farmasi) dan Putri Leonita Cikal (Teknik Informatika).

Adapun Juara Harapan 1 berhasil diraih Syafana Maulida (Farmasi), M Hijri Thoriq (Teknik Informatika), Naura Syifa (Manajemen), dan Gungun Aditya (Manajemen). (YN/FK)



sumber berita ini dari muriamu.id

0 Reviews

Write a Review

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Vinkmag ad

Read Previous

Jawab Kebutuhan Lahirnya Pemikir Pendidikan Muhammadiyah, UAD Gelar Sarasehan

Read Next

Kaprodi PAI UM Bandung Soroti Keunggulan dan Tantangan Teknologi AI dalam Pendidikan

Most Popular