Tuesday, October 22, 2024
28.3 C
Gresik

Respon PPDB Online, Spemutu Beri Seragam Sekolah Gratis dan Bebas SPP

Respon PPDB Online, Spemutu Beri Seragam Sekolah Gratis dan Bebas SPP

Arnindya Meinar SPd (jilbab coklat) saat memberikan informasi PPDB Spemutu di UPT SDN 30 Gresik (istimewa/GIRIMU.com)

GIRIMU.com – Respon PPDB Online, SMP Muhammadiyah 1 (Spemutu) Gresik memberikan seragam sekolah gratis dan bebas sumbangan pembinaan pendidikan (SPP) satu bulan.

Wakil Kepala Urusan bidang Kurikulum Tri Wahyuningsih SPd mengatakan sekolah di Spemutu dapat gratis seragam sekolah hingga bebas SPP satu bulan, jika fasilitas yang didapat oleh walimurid ini di konversikan dalam bentuk uang, maka walimurid dapat menghemat keuangan sampai 1,5 juta.

“Tentu saja ini dapat menjadi tawaran yang tidak bisa di abaikan begitu saja oleh walimurid disaat kondisi keuangan keluarga menipis akibat pengeluaran PPDB di bulan juni dan Juli,” katanya, Rabu (5/6/2024).

Di tengah polemik uang pendaftaran peserta didik baru (PPDB) yang tinggi, Spemutu hadir sebagai solusi dalam memberikan biaya pendidikan yang terjangkau bagi masyarakat.

”Selama ini standar biaya sekolah disesuaikan dengan masyarakat di sekitar lingkungan sekolah, besarannya sangat terjangkau hanya Rp 3.850.000 saja, Kita siapkan juga pelayanan yang maksimal seperti jemput bola datang ke walimurid jika mengalami kesulitan dalam mengakses Spemutu. Kami juga sedang menyiapkan beberapa rencana kreatif yang di dalamnya ada kerja sama dengan pihak lain,” ujarnya.

Untuk membantu masyarakat dapat menempuh sekolah, sambung Tri, Spemutu juga memberikan beasiswa yang didapat dari Lazismu, pemerintah pusat, serta dari donatur tetap Spemutu .

”Kita juga ikhtiar untuk mencari berbagai beasiswa untuk siswa Spemutu,” tegasnya.

Dia menuturkan, SMP Muhammadiyah 1 Gresik Gresik saat ini telah bertransformasi menjadi sekolah yang lebih mengedepankan minat dan bakat siswa dalam kemampuan akademik dan non akademik yang disesuaikan dengan tagline sekolah “Technolifeskill yang berakhlakul karimah.

“Spemutu di era masa kini melaksanakan pembelajaran menyenangkan (joyfull learning) yang berpusat pada informasi, buku, serta lingkungan sekitar yang update bukan berpusat pada guru. Sehingga memunculkan peserta didik lebih berani dan tangguh dalam menghadapi masalah (problem solving) serta  berkarakter nilai nilai luhur keislaman,” tuturnya.

Dia menerangkan, pembelajaran luhur nilai keislaman di SMP Muhammadiyah 1 Gresik bentuk nyatanya adalah melaksanakan ibadah sholat dhuhur dan ashar yang dikerjakan secara berjamaah oleh siswa dan bapak ibu guru yang diakhiri muhadhoro oleh siswa yang ditunjuk secara bergiliran sesuai tema yang update.

Selain itu, lanjut tri, pengembangan kemampuan Tahfidzul Qur’an melalui  bimbingan takhasus di pagi hari kepada siswa sebelum proses pembelajaran berlangsung, terus di konsisten kan. Sehingga lulusan SMP Muhammadiyah 1 Gresik ketika melanjutkan ke sekolah lebih atas mempunyai target hafalan minimal 5 Juzz.

Menurutnya, sesuai informasi yang di gali oleh tim kesiswaan di lapangan, walimurid masa kini masih mengedepankan pembelajaran yang berkarakter nilai luhur keislaman.

“Menurut survey yang di kembangkan oleh tim Kesiswaan Spemutu, walimurid jaman now masih menomorsatukan pendidikan karakter melalui pembiasaan nilai Al Islam di sekolah kemudian inovasi progam peningkatan dan transparansi siswa serta yang terakhir layanan prima yang diberikan sekolah, sehingga Spemutu hadir sebagai solusi dari permasalahan tersebut,” imbuh guru IPA tersebut.

”Kami juga ada kerja sama coding-MU dengan majelis pustaka dan informasi (MPI) pimpinan pusat (PP) Muhammadiyah yang di launching bulan Mei 2024 serta kerjasama dengan dinas dan instansi yang memang selama ini menjadi partner Spemutu dalam berkegiatan,” ungkapnya.

“Untuk menunjang proses kegiatan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Spemutu kami sudah membuka Informasi melalui hotline di https://wa.me/6282244566600 dan untuk fast respon di nomor https://wa.me/62813-3018-8696.

Dan yang terakhir agar bapak ibu walimurid dapat mengetahui SMP Muhammadiyah 1 Gresik tanpa harus ke sekolah dapat juga mengakses profil sekolah di link dibawah ini https://youtu.be/0EznqPz8t-Y?si=t9q2iN2xHjYsM-w-,” tegasnya. (*)

 

Penulis Bening Satria Prawita Diharja. Editor Ichwan Arif.

Author

Hot this week

Topics

spot_img

Related Articles