Tuesday, October 22, 2024
28.3 C
Gresik

Pembelajaran Ibadah Qurban SD Al Islam Morowudi Di Hari Tasyrik

Kebahagiaan di hari Tasyrik .
SD Al Islam Morowudi Cerme Gresik Jawa Timur melakukan kegiatan pemotongan 1 Sapi hewan kurban di halaman sekolah tepatnya ditempat parkir pada hari Tasyrik pertama Selasa, (18/6/2024).

Acara yang dimulai pukul 07.30 WIB dan berakhir pukul 10.00 WIB ini diikuti  guru, dan karyawan,  Mereka melaksanakan pengelolaan kurban walaupun menggunakan cara yang tradisional yaitu tanpa alat potong tulang penyembelihan hewan kurban dilaksanakan dalam waktu cukup singkat.

Ketua Panitia M Syaifulloh  menjelaskan acara ini mencakup penyembelihan, penimbangan, dan penyaluran kurban.

Pada kegiatan pemotongan hewan kurban idul Adha 1445 Hijriah seluruh guru karyawan  yang berjumlah 26 orang bahu membahu untuk melaksanakan kegiatan pemotongan hewan.

Mereka dibagi menjadi beberapa bagian seperti pemotongan tulang, pemotongan daging dan pengemas daging ke dalam kresek plastik.

“Alhamdulillah, acara ini bisa terlaksana dengan baik,” kata ibu Kepala Sekolah Cici Indrawati berkat partisipasi semua guru dan karyawan SD Al Islam Morowudi.

Kepada kontributor girimu.com,  M Saifullah , selaku penanggung jaawab pelaksanaan penyembelihan hewan kurban   menjelaskan secara detail  hewan kurban yang disembelih satu ekor sapi untuk pembagian daging SD Al Islam diberikan kepada anak didik kelas rendah yaitu kelas 1a dan 1b,2a dan 2 b,kelas 3 dan kelas 4a dan 4 b yang berjumlah 160 siswa.

“Alhamdulillah kami dari pihak SD  sudah berkoordinasi dengan para wali kelas diatas  karena yang memahami dan mengetahui kebutuhan warga kelasnya,” terangnya.

Fatimah sapaan akrabnya, kepada kontributor menyampaikan terima kasih kepada orang tua siswa yang telah memercayakan proses pemotongan dan penyaluran hewan kurban di SD Al Islam Morowudi Cerme.

“Semoga hewan kurban ini bermanfaat. Selain itu, tahun depan SD Al Islam dapat kembali dipercaya oleh masyarakat dalam proses pemotongan dan penyaluran daging hewan kurban,” harap Guru koordinator  Ismuba SD Al Islam  ini.

Pihak sekolah   menyalurkan  daging kurban yang berjumlah sekitar 160 bungkus  secara langsung kepada siswa siswi  dan juga karyawan serta tenaga pendidik  Al Islam Morowudi Cerme.demikian penjelasan Saiful sebagai penaggung jawab penyembelihan hewan kurban.

Adapun hewan kurban yang disembelih ini berasal dari wali murid secara keseluruhan.

Vinera Salsabilla Az-zahira yang biasa dipanggil Vinera mengucapkan terima kasih kepada pihak Sekolah SD yang sudah berkenan berbagi daging kurban pada siswa siswi SD Al islam terutama kelas 4 A ,semoga di tahun berikutnya SD Al Islam bisa melaksanakan Kembali penyaluran daging kurban dengan target penerima yang lebih besar dibanding tahun ini,ungkapnya.

Pemotongan hewan kurban yang dilakukan SD Al Islam Morowudi   tergolong  tidak  membutuhkan waktu yang Panjang walaupun hanya menggunakan tenaga manual .buktinya pukul 10.00WIB proses pemotongan hewan kurban bisa selesai dengan lancar.

Satu hal yang  cukup melegakan panitia bahwa 90 persen siswa yang sudah menerima kupon pengambilan daging kurban melakukan pengambilan daging pada waktunya sesuai jadwal, karena melihat pengalaman ditahun sebelumnya  masih ada kupon yang sudah dibagikan kepada siswa siswi tetapi tidak dikembalikan untuk mengambil daging kurban yang sudah disiapkan. (Diana)

Author

Hot this week

Topics

spot_img

Related Articles