Friday, September 27, 2024
31 C
Gresik

PCM Balongpanggang Studi Banding ke Yogyakarta

Girimu.com — Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Balongpanggang, Gresik melakukan studi banding ke Yogyakarta, Sabtu-Ahad (21-22/9/2024). Sebanyak 120 peserta yang terdiri atas Penasihat, Pimpinan Harian PCM, PRM, dan Takmir secabang Balongpanggang, mengikuti program tersebut.

Rangkaian acara kegiatan studi banding ke Yogyakarta, dimulai dari pembukaan di perguruan Muhammadiyah Balongpanggang, Sabtu (21/9/2024) pukul 20.00 oleh Ketua PCM Balongpanggang Mulyadi. Dua bus berangkat dari perguruan Balongpanggang menuju Masjid Jogokaryan dan pukul 03.40 sudah sampai di lokasi.

Setelah sholat Subuh, mereka mendengarkan kultum dan dilanjutkan pembinaan materi manajemen masjid yang disampaikan oleh Ustadz Haidar Muhammad Tilmitsani. Setelah itu, dilanjutkan ziarah ke makam KH Ahmad Dahlan di RT 41 RW 11, Kampung Karangkajen, Brontokusuman, Mergangsan, Yogyakarta, sekitar 200 meter dari masjid Jogokaryan.

Perjalanan selanjutnya menuju lava Merapi. Setelah sarapan, rombongan mengikuti tour bersama 30 Jeep yang sudah disiapkan. Dua jam jelajah di musium mini, batu Alian dan terakhir off roud di kali Kuning.

“Perjalanannya sangat seru, sampai basa kuyup dan kami merasa puas,” ujar Abdul Kadir salah satu peserta wakil dari takmir Masjid Baiturrahman Jedong, Balongpanggang.

Perjalanan mereka dilanjutkan menuju Gedung Dakwah Pimpinan Pusat Muhammadiyah, mengaji bersama Syakir Jalaludin, selaku anggota majelis PP Muhammadiyah.

“Suasana semakin hidup dan ideologi Muhammadiyah kita jadi semakin mantap,” ujar Sumali, peserta studi banding dari jamaah Nurul Huda Prambon, Balongpanggang.

Rute terakhir adalah menuju Masjid Gede dan kawasan Malioboro untuk belanja oleh-oleh. Muhammad Reban, Ketua Panitia berharap, peserta studi banding bisa mempraktikan keilmuan yang didapat di lingkungan masjid atau lingkungan masing-masing. Selain itu, mereka diharakan mampu membuat perubahan yang lebih baik. (*)

Kontributor: Muhammad Ajis

Author

Hot this week

Topics

spot_img

Related Articles