Wednesday, October 23, 2024
31.7 C
Gresik

Muhammadiyah Harus Lakukan Adaptive Capacity Dalam Penanganan Covid-19

Pemerintah dan civil society sejatinya mengalami persoalan yang sama. Keduanya gagap merespon pandemi Covid-19. Hal ini terungkap dalam acara Refleksi 2 Tahun Pandemi bertajuk ‘Peran dan Kontribusi Muhammadiyah dalam Penanganan Pandemi Covid-19’ yang dihelat secara virtual pada Selasa (28/12) siang.

Pernyataan tersebut disampaikan Guru Besar Sosiologi UGM, Sunyoto Usman.

“Covid-19 adalah kejadian baru, tak pernah ada presedennya kapan dan di mana pun. Karena itu semua orang panik dan gagap ketika meresponnya,” ujar Sunyoto saat menjadi pembicara acara yang dilakukan secara virtual.

Karena itu, menurut dosen yang pernah mementori Gus Yahya ini, Muhammadiyah sebagai civil society perlu menumbuhkan adaptive capacity. Tentu saja, kata dia, tak cuma dalam artian hidup berdampingan dengan pandemi (new normal), namun juga dibarengai dengan security domain atau kemampuan mengidentifikasi efek negatif Covid-19 dan menemukan solusinya.

“Kita harus terus dibiasakan hidup dengan pandemi. Karena kita belum tahu kapan akan berakhir. Muhammadiyah selama dua tahun terakhir telah membantu pemerintah untuk melakukan upaya kuratif dan prepentif di tingkat mikro,” ujarnya.

Pengembangan adaptive capacity yang dilakukan Muhammadiyah, menurut Sunyoto, menjadi sangat penting karena setting upaya ini tidak hanya tergantung pada sisi kewilayahan saja. Melainkan juga setting banyak sektor, modernitas, kelas, dan status sosial.

“Harus dilihat dulu historical background dan intensitas perubahannya akibat Covid-19. Karena sebetulnya dasein dan das sollen-nya tidak sama antar satu dan lainnya,” kata Sunyoto.

Upaya lain yang bisa dilakukan Muhammaidyah agar adaptive capacity ini berkembang adalah salah satunya dengan mengubah perspektif masyarakat soal Covid-19. Bahwa pandemi Covid-19 adalah disebabkan oleh virus (medis), bukan kutukan (metafisik).

“Hal ini dibuktikan dengan adanya data empirik baik soal virus itu sendiri maupun terkait perkembangan penyebaran Covid-19 harian,” ungkapnya.

Pada akhirnya, adaptive capacity Muhammadiyah harus disesuaikan dengan perubahan terbaru yang terjadi, terutama di era digital. Ini perlu dilakukan, lantaran perubahan kian komplek, jaringan kian luas dan mudah. Budaya internet kita saat ini juga mengarah pada realitas virtual, sehingga Literasi digital future sangat diperlukan.

Covid-19 juga berpengaruh besar secara politik. Tingkat kepercayaan masyarakat (public distrust) terhadap penguasa mengalami penurunan signifikan. Survei terbaru IPO menyebutkan, kepuasaan pada kinerja presiden merosot, jika pada Agustus 2021 mencapai 52 persen, kini hanya tinggal 51 persen.

Penurunan kepercayaan publik ini pun lantas mendorong orang untuk melakukan protes dan gerakan sosial. Setidaknya, terlihat dari aktivitas di media sosial. (tik)

Author

Hot this week

Pembukaan Pendaftaran MTQ IV LP2 PDM Gresik Resmi Dimulai

Girimu.com Lembaga Pengembangan Pesantren (LP2) Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM)...

Mendikdasmen RI Abdul Mu’ti Ceritakan Sosok Yang Paling Berjasa Terhadap Hidupnya

BANDUNGMU.COM, Jakarta — Dalam sebuah acara sambutan yang penuh...

Santri Pesantren Muhammadiyah Kudus Raih Juara 2 Nasional Lomba Dirasah Islamiyah – Muriamu.ID

Muriamu.id – Kudus, 22 Oktober 2024 Santri Pesantren Muhammadiyah...

Bivitri Susanti: Korupsi Politik Lebih Kompleks dan Berdampak Langsung pada Masyarakat

BANDUNGMU.COM, Bandung – Pakar Hukum Tata Negara dan dosen...

IPM SMAM 7 Panceng Adakan Musyaran

Pimpinan Ranting Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) SMA Muhammadiyah 7...

Topics

Pembukaan Pendaftaran MTQ IV LP2 PDM Gresik Resmi Dimulai

Girimu.com Lembaga Pengembangan Pesantren (LP2) Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM)...

IPM SMAM 7 Panceng Adakan Musyaran

Pimpinan Ranting Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) SMA Muhammadiyah 7...

Sekolah Muhammadiyah Harus Adaptif Hadapi Tantangan Pendidikan Modern

BANDUNGMU.COM, Bandung — Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Dadang Kahmad...

Lazismu Bantu 1.000 Guru Honorer di Daerah Terpencil

BANDUNGMU.COM, Jakarta — Lazismu kembali menunjukkan komitmennya terhadap kesejahteraan...

Menyambung Juang Merengkuh Masa Depan: Catatan Singkat Hari Santri

Judul di atas adalah tema hari santri tahun ini....
spot_img

Related Articles