Friday, September 20, 2024
28 C
Gresik

UM Madiun Gelar Kuliah Umum Komunikasi, Hadirkan Kaprodi Komunikasi UMY

CIREBONMU.COM, MADIUN – Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Madiun (UMMAD) atau Universitas Muhammadiyah Jawa Timur (UMJT) melaksanakan Kuliah Umum Komunikasi. Kuliah Umum Komunikasi Prodi Ilmu Komunikasi UMMAD bersama Kaprodi Ilmu Komunikasi UMY ini berlangsung di Ruang Rapat 1 kampus 1  UMMAD, Selasa (3/9/24). Nara sumber yang dihadirkan dalam kuliah umum ini adalah Dr. Fajar Junaedi, S.Sos., M.Si, yang merupakan Kaprodi Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY).

Latutik Mukhlisin, S.Sos.,M.I.Kom., Kaprodi Ilmu Komunikasi FISIP UMMAD mengatakan, Kuliah Tamu Komunikasi ini menghadirkan tema Perspektif Profesi Komunikasi di Era Industri 5.0. dan peserta kuliah tamu adalah mahasiswa Prodi Ilkom UMMAD semester 1 dan 3, ada sekitar 55 mahasiswa.

“Dan sangat luar biasa bagi mahasiswa karena mereka mendapat charger langsung dari pakarnya,” kata Latutik.

Dalam kesempatan pemberian materi kuliah tamu tersebut, Fajar Junaedi berbicara banyak hal mengenai hubungan ilmu komunikasi dengan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada). Kemudian pengajar Komunikasi UMY sejak 2003 itu menghubungkannya dengan prospek lulusan mahasiswa komunikasi di masa depan.

Baca Juga : UMMAD Lakukan Bimtek Setelah Peroleh Hibah APPPTS dari Kemendikbud Ristek Menjadi UMJT

Menurut Fajar Junaedi, komunikasi adalah skill penting bagi tim kampanye pasangan calon yang maju Pilkada. Melalui komunikasi dapat mengelaborasi semua produknya agar menarik dan memiliki  nilai jual tinggi.

Fajar Junaedi menyebutkan tim kampanye mestinya diisi oleh orang-orang yang memiliki skill komunikator yang handal, mampu menyampaikan pesan dengan baik, punya kredibilitas bagus, terpercaya.

UM Madiun Gelar Kuliah Umum Komunikasi, Hadirkan Kaprodi Komunikasi UMY CirebonMU
Dr. Fajar Junaedi, S.Sos., M.Si, Kaprodi Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)

“Pilkada merupakan salah satu”platform” komunikasi.Jadi seperti apa komunikasi berperan untuk menyampaikan pesan para kandidat,” jelas pengajar Etika dan Hukum Media tersebut.

Terkait prospek lulusan mahasiswa komunikasi, Fajar Junaedi menerangkan bahwa mahasiswa komunikasi memiliki prospek profesi yang sangat luas.

“Sebagai influencer, konten kreator, narator, termasuk mengelola media sosial lembaga maupun institusi. Belum lagi kebutuhan sebagai humas atau public relation,”kata dosen yang telah menulis 70 artikel populer itu.

Baca Juga : UMMAD Tambah Prodi Baru S1 Infomatika untuk Perkuat UMMAD sebagai Kampus Digital Abad 21

Menurut Fajar Junaedi, Sekarang ini banyak kasus-bermunculan seperti building mahasiswa kedokteran,  bullying anak mantan jenderal dan sebagainya. Kasus-kasus yang sedang viral ini memerlukan peran humas atau public relations yang merupakan bidang garapan mahasiswa komunikasi.

“Hal terpenting yang perlu dikuasai oleh mahasiswa komunikasi adalah kompetensi baik hard skill maupun soft skill. Untuk itu saat kuliah perlu memperbanyak karya di berbagai bidang komunikasi,” terang dosen Jurnalistik Penyiaran tersebut.

Mengenai respon mahasiswa Prodi Ilkom UMMAD dalam merespon materi yang ia sampaikan, Fajar Junaedi mengatakan mahasiswa antusias menyimak dan memberikan tanggapan balik (feedback).

“Kuliah umum dilakukan interaktif dan ada kuis bagi mahasiswa. Kuisnya adalah peserta kuliah teraktif dan memberikan Feedback dengan unggah di Instagram Story dengan mention akun resmi ilmu komunikasi UMMAD,” terang Fajar Junaedi.(CM)

sumber berita ini dari muriamu.id

Author

Hot this week

Topics

spot_img

Related Articles