Saturday, September 21, 2024
32 C
Gresik

Mempercayakan Pendidikan Kepada Muhammadiyah Adalah Pilihan Tepat

BANDUNGMU.COM, Bandung — Ketua Badan Pembina Harian Universitas Muhammadiyah (UM) Bandung Prof Dr H Dadang Kahmad MSi memberikan pesan inspiratif kepada 1.657 mahasiswa baru saat menyampaikan sambutannya dalam acara Pekan Sosialisasi dan Orientasi Mahasiswa Baru (Pesonamu) di Auditorium KH Ahmad Dahlan, lantai tiga gedung UM Bandung, Jalan Soekarno-Hatta Nomor 752, pada Rabu (18/09/2024).

Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah ini menekankan pentingnya rasa syukur karena tidak semua lulusan SMA memiliki kesempatan untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Dari 3 juta lulusan SMA, hanya 1,8 juta atau sekitar 48 persen yang dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi. “Kita harus bersyukur karena memiliki orang tua yang peduli dengan pendidikan,” ujarnya.

Lebih lanjut, eks Ketua PWM Jawa Barat ini menyampaikan bahwa diterimanya mahasiswa di UM Bandung merupakan anugerah besar. Pasalnya, UM Bandung merupakan bagian dari 172 Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) yang tersebar di seluruh Indonesia. Saat ini, lebih dari 180 ribu mahasiswa tergabung di PTM, termasuk di UM Bandung. “Mempercayakan pendidikan kepada Muhammadiyah adalah pilihan yang tepat,” tambahnya.

Dadang juga menekankan keunggulan UM Bandung yang salah satunya menawarkan mata kuliah Al-Islam dan Kemuhammadiyahan yang tidak ditemukan di banyak perguruan tinggi lain. Mata kuliah ini, menurutnya, akan membentuk soft skill mahasiswa, seperti rendah hati, dermawan, dan sopan santun. “Gunakan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya,” pesannya.

Dadang mengingatkan dua hal penting yang harus dipegang oleh para mahasiswa agar sukses, baik di UM Bandung maupun dalam kehidupan setelah lulus. Pertama, rajin membaca. Ia menegaskan bahwa membaca merupakan kewajiban. Kalau hal ini diabaikan, seseorang tidak akan maju dalam bidang apa pun. Muhammadiyah, kata Dadang, merupakan lembaga yang sangat peduli terhadap literasi.

Kedua, memiliki semangat belajar. “Jangan malas belajar,” ujarnya, menekankan bahwa belajar bisa dilakukan melalui buku, diskusi, ataupun menghadiri perkuliahan. Dadang juga mengutip surah Al-Baqarah ayat 31 yang mengajarkan pentingnya ilmu pengetahuan. “Generasi muda Islam harus memiliki semangat belajar agar bisa menjadi orang yang pandai dan mampu menguasai dunia,” tegasnya.

Dengan memegang teguh kedua prinsip tersebut, Dadang yakin mahasiswa UM Bandung tidak hanya akan sukses dalam pendidikan, tetapi menjadi sarjana yang dapat dibanggakan oleh orang tua dan bangsa. “Kami berharap kalian bisa menggantikan orang-orang hebat yang ada di hadapan kalian saat ini,” tutupnya.***(FA/FK)



sumber berita ini dari bandungmu.com

Author

Hot this week

Bagun Sinergi Ikwam SD Muwri Adakan Bazar

Girimu.com - Tampak meja berjajar rapi dengan berbagai menu...

Serunya Kemah Ceria Pandu Athfal di Perguruan Muhammadiyah Karangsemanding

Girimu.com -- TK Aisyiyah 28 Karangsemanding bekerja sama dengan...

Mengakrabi Warisan Sejarah, Ini yang Dilakukan KB Tunas Aisyiyah Pongangan Indah

Girimu.com -- KB Tunas Aisyiyah Perumahan Pongangan Indah, Manyar,...

Topics

spot_img

Related Articles