Friday, October 18, 2024
35.6 C
Gresik

Jelang Pilkada 2024, Kapolresta Ajak Muhammadiyah Jaga Kondisivitas

Pengurus PD Muhammadiyah bersama Rektor UM Cirebon saat kegiatan silaturahmi kamtibmas yang diinisiasi Kepolresta Cirebon, Kombes Pol Sumarni, Senin (14/10/24). (Foto: Agus/Cirebonmu)

CIREBONMU.COM  —  Kapolresta Cirebon, Kombes Pol Sumarni mengajak pengurus dan para tokoh Muhammadiyah untuk turut serta menjaga kesejukan dan kondusifitas masyarakat menjelang pelaksanaan Pilkada 2024.

Ajakan tersebut, disampaikan Kapolresta Cirebon kepada para tokoh Pengurus Daerah (PD) Muhammadiyah dan Persis Kabupaten Cirebon, dalam kegiatan silaturahmi kamtibmas di rumah makan Bageur Tengkleng Kecamatan Talun, Senin (14/10/2024) sore.

Dalam kesempatan itu, Kapolresta juga meminta kritik, saran dan masukan, baik mengenai hal-hal yang menyangkut keamanan umum maupun kinerja jajaran Polri.

Menurut Sumarni, kegiatan tersebut digelar dalam rangka cipta kondisi menjelang Pilkada serentak 2024. Tujuannya, agar Kabupaten Cirebon aman, sejuk dan damai. Ia juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama menjaga Kabupaten Cirebon untuk membuat daerah ini menjadi Kabupaten yang aman damai dan sejuk.

“Kami memohon kepada seluruh elemen masyarakat, khususnya keluarga besar Muhammadiyah dan Persis untuk bersama sama menjaga kondusifitas keamanan menjelang tahap pemungutan suara dalam Pilkada serentak 2024,” ujar Sumarni, Selasa (15/10/2024).

Baca Juga : Kapolresta dan Ketua DPRD Hadiri Silaturahmi Syawalan Muhammadiyah Kabupaten Cirebon

Kapolresta Cirebon menyampaikan kondisi Kabupaten Cirebon dengan kenakalan remaja, kekerasan seksual terutama yang menjadi korbannya adalah anak di bawah umur, masih kerap terjadi. Karenanya, ia memohon kepada para orang tua untuk bersama-sama mengingatkan dan mengawasi anak masing-masing agar tidak melakukan aksi kenakalan remaja.

“Apabila ada atau melihat potensi gangguan kamtibmas yang terjadi di lingkungan sekitarnya segera menghubungi layanan Call Center Polresta Cirebon 110,” kata Sumarni.

Selain itu, Kapolresta juga mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Cirebon untuk mengangkat hal-hal positif seperti wisata religi, kuliner, produk kerajinan dan batik, dan lainnya.

Jelang Pilkada 2024, Kapolresta Ajak Muhammadiyah Jaga Kondisivitas CirebonMU
foto : cirebonmu.com

Secara khusus pihaknya meminta keluarga besar Muhammadiyah dan Persis Kabupaten Cirebon, untuk terlibat dalam ketahanan pangan, dengan cara menanam tanaman pangan di rumah masing-masing dan lingkungan sekitarnya.

Begitu pula halnya dalam hal mencegah inflasi, ia meminta masyarakat menanam cabai di lingkungan dan tempat tinggalnya masing masing.

“Saat ini kami sedang melaksanakan Operasi Zebra Lodaya dengan sasaran pelanggaran pelanggaran berkendara mulai tgl 14-27 Oktober 2024,” tandasnya.

Sementara itu, ketua PD Muhammadiyah Kabupaten Cirebon yang diwakili Sekertaris PD Muhammadiyah, Nunu Anugerah mengatakan, Muhammadiyah senantiasa mendukung program-program yang membawa kemaslahatan umat, termasuk dalam hal menjaga kondusivitas daerah.

Baca Juga : Ketua Umum PP Muhammadiyah Hadiri Resepsi Milad ke-115 Muhammadiyah Kabupaten Cirebon

“Insyaallah dalam Pilkada 2024 ini, sikap Muhammadiyah konsisten untuk menyukseskan pelaksanaan pilkada dengan tetap menjaga jarak dengan semua kandidat,” kata Nunu.

Terkait ajakan Kapolresta untuk mendukung program ketahanan pangan, Nunu menyebut, Muhammadiyah sudah melakukannya melalui majelis yang ada salah satunya Majelis Pemberdayaan Masyarakat dan juga Lembaga Pengembangan UMKM.

“Selain oleh majelis, Lembaga Pengembangan UMKM PD Muhammadiyah Kabupaten telah melakukan sejumlah langkah dalam membedayakan masyarakat dan UMKM,” tandasnya.

Hadir dalam kegiatan silaturahmi kamtibmas tersebut, Rektor Universitas Muhammadiyah Cirebon Arif Nurudin, Ketua PD Aisyiyah Kabupaten Cirebon Aisah, Ketua Pemuda Muhammadiyah Kabupaten Cirebon Yanyan Hendriyana, Ketua Persis Kabupaten Cirebon Ust Toni Kalimi dan pengurus kedua ormas keagamaan tersebut.(CM)

Kontributor : Agus A.

sumber berita ini dari muriamu.id

Author

Hot this week

Asah Kemandirian, KB TK ABA 3 Kota Madiun Gelar Kemah Ceria di UMMAD

BANDUNGMU.COM, Madiun — Sebanyak 176 anak didik dari KB...

Juru Bicara Presiden Prabowo; DAS Sosok Komunikatif & Dialogis

Oleh : Ace Somantri* Panjang perjalanan yang ditempuh, seorang kader...

Muhammadiyah Kota Metro Resmikan Edupark dan Terima Wakaf Tanah 6,3 Hektar dalam Perayaan Milad ke-112

BANDUNGMU.COM, Kota Metro — Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Metro...

Pengajian Jadi Indikator Kemajuan Ranting dan Cabang Muhammadiyah

BANDUNGMU.COM, Tasikmalaya — Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Tasikmalaya,...

Siswa SMP Mula Belajar Menulis Dari Sastrawan Tulen

Mentari menampakkan dirinya dengan sempurna, menyinari seluruh dunia. Pagi...

Topics

Asah Kemandirian, KB TK ABA 3 Kota Madiun Gelar Kemah Ceria di UMMAD

BANDUNGMU.COM, Madiun — Sebanyak 176 anak didik dari KB...

Juru Bicara Presiden Prabowo; DAS Sosok Komunikatif & Dialogis

Oleh : Ace Somantri* Panjang perjalanan yang ditempuh, seorang kader...

Pengajian Jadi Indikator Kemajuan Ranting dan Cabang Muhammadiyah

BANDUNGMU.COM, Tasikmalaya — Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Tasikmalaya,...

Siswa SMP Mula Belajar Menulis Dari Sastrawan Tulen

Mentari menampakkan dirinya dengan sempurna, menyinari seluruh dunia. Pagi...

GEBYAR PENGAJIAN PDM KABUPATEN TASIKMALAYA

BANDUNGMU.COM, Kabupaten Tasikmalaya — Tepatnya hari Ahad, 13 Oktober 2024...

Pamerkan Produk Unit Bisnis Pesantren, ‘ABS Bandung Ikuti Expo Kemandirian Pesantren

BANDUNGMU.COM, Kabupaten Bandung – Puluhan pesantren meramaikan Expo Kemandirian...
spot_img

Related Articles